Senin, 25 Agustus 2008

Mengambil Kredit = menabung???

Dalam suatu forum Rapat Anggota Tahunan (RAT) Pengurus pernah melontarkan konstatasi bahwa mengambil kredit sama dengan menabung. Konstatasi itu didasarkan pada proses.
Proses mengambil kredit adalah “ mengambil “ kemudian”memasukkan”,memasukkan dan memasukkan lagi hingga selesai. Yang dimaksud dengan “mengambil” adalah mengambil kredit, sementara yang dimaksud dengan “memasukkan” adalah membayar atau mengembalikan kredit yang ia ambil. Kesimpulannnya adalah bahwa mengambil kredit itu mengambil kemudian memasukkan.
Adapun proses menabung adalah memasukkan, memasukkan dan akgirnya mengambil.
Kesimpulannya adalah bahwa menabung itu adalah memasukkan kemudian mengambil.
Uraian diatas dapat digambarkan sebagai berikut:
MENGAMBIL KREDIT : MENGAMBIL + MEMASUKKAN
MENABUNG : MEMASUKKAN + MENGAMBIL
Dari gambaran ini memang terlihat komponen proses mengambil kredit dan menabung sama yakni mengambil dan memasukkan. Hanya strukturnya berbeda. Pada proses mengambil kredit, mengambil dahulu baru kemudian memasukkan, sementara pada proses menabung strukturnya sebaliknya. Memasukkan lebih dahulu baru kemudian mengambil. Perbedaan struktur ini ditepis dengan mengacu pada perhitungan matematis bahwa 3x4=4x3.
Alhasil. Mengambil kredit sama dengan menabung.
Rapat Anggota Tahunan adalah Rapat Anggota yang diadakan sesudah Tutu Buku yang bertugas antara lain membahas dan mengesahkan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dan Laporan Hasil Pengawasan Pengawas. Tidak bertugas untuk membahas misalnya, benar tidak mengambil kreddit itu sama dengan menabung. Meskipun hal itu terlontra di RAT.
Terlepas dari masalah benar tidaknya mengambil kredit itu sama dengan menabung, saya berpendapat bahwa pemikiran itu konstruktif. Bersifat membangun bagi mereka yang merasa sulit untuk menabung. Dan bagi mereka yang selama ini telah rajin menabung atau menyimpan tetapi tidak pernah pinjam akan termotivasi untuk meminjam atau mengambil kreedit. Sebab KPRI KIPAS adalah sebuah KSP. Sebuah Koperasi Simpan pinjam, sehingga anggota yang baik adalah anggota yang aktif menyimpan dan juga aktif meminjam
Adalah tugas kita bersama, apalagi Pengurus untuk menegakkan prinsip Koperasi. Salah satu prinsip Koperasi adalah Pendidikan Perkoperasian. Dan pemikiran bahwa mengambil kredit sam dengan mengambung dapat diterima sebagai pemikiran yang cukup mendidik anggota yang dampaknya dapat berujud pengembangan koperasi.
Dalam kehidupan keseharian di sisi yang kasat mata kita jumpai dalam perbedaan ada kesamaan, disamping dalam kesamaan itu ada perbedaan.
Siapa bilang lembu sama dengan kambing? Tetapi siapa yang tidak sepakat bahwa lembu maupun kambing sama-sama binatang menyusui? Siapa bilang lembu sama dengan batang kelapa? Tetapi siapa tidak sepakat bahwa lembu maupun batang kelapa adalah sama-sama makhluk hidup?
Umumnya kita berpendapat bahwa mengambil kredit tidak sama atau berbeda menabung. Tetapi berdasarkan uraian di atas kedua kegiatan itu memiliki kesamaan. Dan kalau dalam uraian di atas telah kita bahasa kesamaannya, agar lengkap bagaimana kalau kita bahas perbedaannnya ?
Perbedaan antara mengambil kredit dan menabung antara lain:
1. a Kalau orang ingin mengambil kredit, pengambilan kredit tidak akan terjadi,
kecuali ada mitra kerjanya, yakni penyedia kredit atau kreditor.
b Kalau orang ingin menabung, ia dapat melakukannya tanpa bantuan orang lain
2. a. Mengapa orang membayar kembali kreditnya? Karena adanya ikatan janji dengan
pihak kreditor. Bukan murni di dorong dari dirinya sendiri.
b. Mengapa orang menabung? Ia menabung karena didorong hati sendiri
Karena kemauan sendiri. Bukan karena ikatan atau tekanan pihak luar
3. a. Mengambil kredit atau debitor akan mengambil uang maksimal sama dengan
jumlah yang bakal ia masukkan. Ini terjadi hanya kalau kreditur tidak meminta jasa. Kalau kreditor meminta jasa jumlah uang yang harus ia masukkan akan lebih besar dari jumlah uang yang ia ambil. Artinya uang yang ia ambil lebih kecil dari yang ia setorkan /masukkkan
b Penabung akan mengambil, uang minimal sama dengan jumlah uang yang ia
masukkan.
Hal ini terjadi misalnya kalau ia menabung di rumah. Akan tetapi kalau ia menabung misalnya di KPRI KIPAS, ia akan dapat mengambil sejumlah uang yang ia tabungkan plus 1% kali sekian bulan. Kalau ia menabung dalam satu tahun akan mengambil 112% kali jumlah tabungan

4. a. Pengambil kredit membayar imbalan jasa kepada Kreditor karena perannya
memotivasi / mendorong . menekan si pengambil kredit sehingga ia “ menabung”
b Penabung tidak membayar imbalan jasa kepada siappun, karena ia menabung atas
dorongan diri sendiri tidak karena didorong oleh pihak lain, sebagaimana pengambil kredit

Tidak ada komentar: